RSA, 1st

Beberapa hari yang lalu saya aing googling mencari tutorial ajax eh malah ketemu ini. Baca sebentar tapi tidak terlalu dimasukkan di hati-halah. Kemarin chat dengan teman yang sedang develop web, trus kepikiran tentang artikel itu. Setelah share dengan teman tersebut, jadi tergelitik (diksi apa ini??) untuk mencoba implementasi pengamanan tambahan pada halaman login seperti yang diterangkan pada artikel itu.

Oya, inti dari artikel itu adalah prosedur login halaman (atau aplikasi) web yang jamak dilakukan sekarang, yaitu memasukkan username dan password (protokol yang digunakan adalah http) kemudian username dan password tersebut dikirimkan sebagai plain text ke server web tersebut untuk selanjutnya password dikonversi dengan md5 dan bersama-sama dengan user name, dicocokkan dengan database di server.

Apa yang jadi soal? Yang jadi soal adalah plain text itu, karena username dan password dikirim sebagai plaint text besar kemungkinan dicuri (percayalah ada saja orang yang mau melakukan hal ini) pada saat data itu mengalir melewati jaringan. Solusinya, diberikan keamanan tambahan pada halaman login tersebut dengan Javascript. Jadi sebelum username dan password dikirimkan, data itu dienkripsi dengan Asymmetric Key agar -setidaknya- menyulitkan orang yang menangkap data kita.

So sepulang dari kantor, langsung buka-buka buku Kriptografi karangan Pak Rinaldi Munir lagi. Sebenarnya sudah beli buku ini dari tahun lalu, tapi baru dibuka sekarang-haha.

baca buku Kriptografi sebentar, googling mencari mencari source code RSA siap pakai, kemudian baca-baca lagi buku, coba ngetik source code, ketiduran-hahaha.

Subuh setelah shalat (jangan lupa shalat, aing) mulai ngetik lagi tapi sampai tulisan ini dibuat, belum selesai juga algoritma RSAnya.

Oya, konversi desimal ke bilangan biner aing dapatkan di sini.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: