Mama Lauren

Pagi ini, Selasa 18 Mei 2010, di beranda mukabuku topik yang hangat dibicarakan adalah Mama Lauren. Mama Lauren meninggal kemarin, Senin, 17 Mei 2010.

Bukan meninggalnya yang ingin saya aing bahasakan sekarang, namun mengenai “profesi” beliau sebagai tukang teropong masa depan.

Sepertinya tak lengkap bila membicarakan mengenai tukang teropong masa depan tanpa membahas Nostradamus. Semasa SMA aing pernah dibawakan VCD mengenai Nostradamus. Terlepas dari kebenaran cerita dalam film tersebut, aing mendapatkan perspektif baru mengenai tukang teropong masa depan. Diceritakan bahwa (mungkin kenyataan tersebut bercampur antara yang aing tonton dengan yang aing baca mengenai Nostradamus) sebenarnya bukan kemauan Nostradamus sendiri sehingga ia mendapatkan “penglihatan” mengenai masa depan. Nostradamus sendiri kadang terganggu dengan kilasan-kilasan masa depan yang kerap menghampirinya.

Kembali ke Mama Lauren. Berbekal perspektif di atas, sangat dimungkinkan jika Mama Lauren hanyalah sekadar manusia yang diberi mandat oleh Tuhan untuk mendapatkan “penglihatan” mengenai masa yang akan datang, tanpa ia sendiri menginginkannya. Toh memang sesuka Tuhan mau memberikan apa pada makhlukNya.

Hanya saja hal tersebut tidak serta merta membenarkan “profesi” Mama Lauren, setidaknya menurutku aing. “Penglihatan” tentang masa depan tidak perlu diumbar, apalagi sampai dibuat REG<spasi>nya karena toh tidak ada jaminan bahwa penglihatan yang diberikan pada Mama adalah benar-benar apa yang akan terjadi di masa datang.

Memang (kadang) menyenangkan jika bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, namun “pengetahuan” itu acapkali hanya menimbulkan keresahan. Biarlah masa depan hadir sebagaimana mestinya, kita hadapi saja apapun yang ada di depan kita, meski tidak seorangpun yang mengatakan itu akan (selalu) mudah.

Tapi ngomong-ngomong aing belum punya saran untuk orang-orang seperti Mama, apa yang harus diperbuat dengan “pengetahuan” tersebut. Ada ide?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: